Penyebab dan Cara Mengatasi Biduran pada Anak

Penyebab dan Cara Mengatasi Biduran pada Anak

Jika pada kulit anak tiba-tiba muncul ruam dan terasa gatal, mungkin hal tersebut adalah biduran. Ketika mengalami hal ini, tak jarang anak akan sering menangis dan rewel karena merasa sangat terganggu. Tanpa pengetahuan yang cukup, mungkin banyak orang tua yang panik dengan keadaan ini. Oleh karena itu, pada tulisan ini akan dibahas mengenai beberapa cara mengatasi biduran pada anak yang bisa dicoba oleh para orang tua.

Penyebab Biduran pada Anak

  1. Alergi pada makanan

Penyebab pertama yang mungkin bisa menyebabkan anak mengalami biduran adalah adanya alergi pada makanan tertentu. Beberapa makanan yang mungkin menimbulkan alergi antara lain ikan, kepiting, udang, kacang, cokelat, atau telur. Jika anak memiliki alergi terhadap makanan tersebut, sebaiknya kurangi intensitas atau hilangkan kebiasaan untuk memakannya.

  1. Kualitas udara yang buruk

Selain alergi pada makanan, kualitas udara yang buruk pun dapat mengakibatkan anak mengalami biduran. Ketika orang tua menyadari jika udara di sekitar sedang tidak bagus dan berkemungkinan menyebabkan biduran, sebaiknya anak segera dilindungi. Selain udara yang buruk, udara yang dingin seperti pada musim hujan atau malam hari juga bisa menjadi salah satu penyebabnya.

  1. Banyak debu

Lingkungan di sekitar rumah yang banyak terdapat debu sangat tidak baik untuk anak karena bisa menyebabkan biduran. Debu ini bisa memicu tungau-tungau dan akan bersarang di bagian sudut rumah. Untuk mengantisipasi hal ini, sebaiknya bersihkan rumah secara rutin minimal 2 hari sekali agar debu tidak menumpuk di rumah sehingga lingkungan menjadi lebih bersih untuk anak.

Cara Mengatasi Biduran

Sebagian orang tua akan merasa panik jika anak mengalami biduran. Meskipun pada awalnya anak hanya akan mengalami gatal-gatal saja, namun jika dibiarkan akan muncul gejala-gejala lain seperti susah bernapas, pusing, muntah, diare, sakit perut, tenggorokan sesak, jantung berdetak cepat, dan suara serak. Jika gejala tersebut sudah muncul sebaiknya segera bawa ke dokter spesialis kulit. Jika masih ringan, Anda bisa menggunakan cara di bawah ini.

  1. Memberikan antihistamin

Saat anak terkena biduran karena alergi, tubuh akan melepaskan zat kimia yang bernama histamin. Histamin ini menyebabkan munculnya rasa gatal. Antihistamin berfungsi untuk mengurangi rasa gatal tersebut dengan cara menghentikan produksi histamin. Untuk dosis sangat dianjurkan untuk berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu.

  1. Memberikan losion calamine

Selain antihistamin, losion calamine juga cukup efektif untuk mengatasi berbagai masalah kulit. Cara menggunakan losion ini adalah dengan mengusapkan pada kulit yang berwarna kemerahan dan terasa gatal.

Itulah beberapa penyebab dan cara untuk mengatasi biduran yang biasa terjadi pada anak. Poin yang paling penting adalah ketika anak mengalami gangguan seperti ini, orang tua tidak disarankan untuk terlalu panik karena hal ini bisa mempengaruhi mental anak.

Related posts

shares