Musim Hujan Tiba, Sudah Siapkah Perlengkapan Tempurmu ?Others 

Musim Hujan Tiba, Sudah Siapkah Perlengkapan Tempurmu ?

Menjelang musim penghujan, tentu kita perlu menjaga kesehatan lebih baik lagi. Cuaca dingin yang dibawa oleh hujan, menjadi salah satu faktor penyebab perkembangan penyakit di masyarakat menjadi lebih pesat.

Berbagai penyakit tersebut seperti masuk angin, flu, hingga penyakit parah seperti demam berdarah. Untuk menghindari beberapa penyakit tersebut, kamu pun perlu mempersiapkan berbagai pencegahannya. Yuk simak perlengkapan wajib di musim hujan berikut ini:

Perlengkapan Penting Melawan Penyakit di Musim Penghujan

  1. Mengkonsumsi Air Putih

Air putih terbukti ampuh untuk mengalirkan berbagai macam racun dari dalam tubuh, dengan air putih pun kekebalan tubuh menjadi lebih kuat. Ketika musim penghujan tiba, maka kita akan rentan terkena flu karena suhu yang dingin. Air putih sangat ampuh dalam menghilangkan lendir yang menyumbat. Namun pastikan untuk meminum air yang bersih dan higienis, atau jika perlu kamu dapat memasak air terlebih dahulu.

  1. Gunakan Pakaian Hangat

Apa yang dibutuhkan ketika cuaca memiliki suhu yang dingin ? Tentu saja pakaian yang tebal dan hangat. Selama musim hujan berlangsung, gunakanlah pakaian yang tebal untuk menghalau udara dingin memasuki tubuh. Terutama pada malam hari, ketika matahari tidak lagi menyinari maka suhu akan semakin turun. Mengenakan pakaian hangat menjadi salah satu cara, untuk menghindari penyakit yang banyak berkembang di musim peghujan.

Ketika badan terkena dingin, sudah pasti kekebalan tubuh akan berkurang untuk menghangatkan beberapa bagian tubuh yang merasa dingin. Sehingga hindari mengenakan pakaian tipis, karena potensi terkena flu maupun demam dapat menjdi lebih tinggi. Akan lebih baik pula jika kamu menggunakan kaus kaki, karena bagian kaki sangat sensitif dengan cuaca dingin.

  1. Sedia Payung dan Jas Hujan

Payung dan jas hujan menjadi perlengkapan penting, yang mampu menjaga dirimu ketika menerobos rintik hujan. Memang ada beberapa orang yang kebal dan tidak terpengaruh ketika terkena hujan, namun ada pula pihak yang sangat rentan dengan air hujan. Bahkan beberapa orang tersebut, dapat langsung demam ketika terkena hujan.

Oleh karena itu, payung dan jas hujan adalah peralatan yang sangat wajib untuk dibawa. Kemanapun kamu pergi, pastikan telah membawa perlengkapan tersebut. Jika menggunakan sepeda motor, maka selalu bawalah jas hujan untuk meminimalisir kontak langsung dengan air hujan.

  1. Konsumsi Vtamin C serta Antioksidan

Vitamin C memang terkenal menjadi sebuah unsur, yang mampu meningkatkan daya tahan imun tubuh. Daya tahan tubuh yang kuat sangat diperlukan ketika musim hujan tiba, hal ini karena potensi penyakit dapat menyerang dari berbagai arah. Mulai dari dinginnya suhu, hingga penyakit yang menempel pada lingkungan akibat terbawa oleh air hujan.

Oleh karena itu ketika musim penghujan tiba, usahakan untuk mengonsumsi kesehatan dengan mengunsumsi makanan yang mengandung vitamin C. Tidak hanya itu saja, perkuat ketahanan tubuh dengan mengonsumsi makanan antioksidan. Kedua unsur tersebut mampu menjaga kekebalan,dan daya tahan tubuh untuk menghadapi dinginnya udara.

  1. Rutin Mencuci Tangan

Usahakan selalu rutin mencuci tangan dengan menggunakan sabun, terutama ketika anda hendak mengonsumsi sesuatu. Musim hujan menjadi sebuah musim yang sangat mudah penyebaran virusnya, oleh karena itu bentengi dirimu dengan rutin menghilangkan bakteri dari tangan.

Tangan menjadi tempat bersarangnya bakteri dan virus, hal ini karena kita pasti sering menyentuh berbagai benda diluar sana  tanpa mengetahui bakteri yang menempel. Apalagi jika tangan basah akibat terkenal air hujan, bisa saja air hujan tersebut sebelumnya mengalir dari atap rumah yang memiliki banyak bakteri.

  1. Bersihkan Tempat yang Berpotensi Menjadi Sarang Penyakit

Musim hujan akan tiba, tentu banyak genangan yang menjadi tempat bersarangnya penyakit. Selalubersihkan lingkungan terutama tempat yang berpotensi menjadi genangan air, agar menghindari penumpukan penyakit.

Jangan biarkan sampah terus tersimpan di halaman rumah, sampah merupakan tempat istimewa bagi penyakit sehingga segera buang sampah setelah dirasa cukup banyak.

Memasuki akhir tahun, prediksi cuaca pada hampir seluruh wilayah di Indonesia dikatakan memasuki musim penghujan. Cuaca yang lembab serta turunnya suhu udara ini, mengakibatkan penyakit berkembang dan tersebar lebih cepat.

Untuk menghindari berbagai penyakit yang siap menyerang, maka kamu pun membutuhkan perlengkapan bertahan. Terapkan beberapa tips tersebut, agar tenaga tetap fit selama musim penghujan.

Sumber: https://www.harapanrakyat.com/

Related posts

shares