Mengenal Lebih Detail Apa Itu RinitisKesehatan 

Mengenal Lebih Detail Apa Itu Rinitis

Rinitis adalah jenis alergi yang gejalanya seperti flu. Alergi ini juga biasa disebut dengan hay fever, rinitis ini merupakan tipe inflamasi yang terjadi pada hidung karena adanya reaksi lebih dari sistem imun terhadap alergen yang ada di udara. Tanda tanda dan gejala dari alergi ini biasanya seperti hidung tersumbat, bersin bersin, mata kemerahan, berair dan juga gatal, bisa juga terjadi pembengkakan di sekitar mata.

Tentu saja, alergi ini sangat mengganggu. Pengidap alergi rinitis ini biasanya sering mengalami gatal, hidung tersumbat, dan juga bersin-bersin. Biasanya, gejala-gejala tersebut muncul jika terkena paparan allergen. Selain melelahkan, gejala yang sering muncul juga tentu akan menurunkan produktivitas. Sayangnya, alergi ini tak dapat disembuhkan. Tingkatannya bermacam-macam dari mulai ringan hingga berat. Karena minimnya pengetahuan tentang alergi ini, maka artikel ini akan membahasnya lebih jauh.

Cara Mencegah Alergi Rinitis

Meskipun memang alergi rinitis dikatakan tidak bisa disembuhkan secara permanen. Tapi, ada beberapa usaha yang bisa dilakukan untuk mencegah muncunya alergi ini, sebagai berikut:

  1. Hindari Makanan / Obat yang Menimbulkan Alergi

Mungkin kalian perlu mengetes tubuh sendiri tentang makanan atau obat yang menimbulkan alergi. Perhatikan reaksi tubuh untuk mengetahuinya. Jika sudah tahu, maka hindari makanan atau obat-obatan tersebut. Namun pada umumnya para penderita alergi ini sudah oaham betul mengenai apa saja makanan maupun obat obatan yang dapat menimbulkan alerginya kambuh.

  1. Jauhi Bulu Hewan

Bulu hewan adalah salah satu yang paling sering menimbulkan alergi. Untuk itu, ada baiknya untuk menjaga rumah selalu bersih dari bulu hewan, memelihara hewan mungkin lebih baik dihindari terlebih dahulu. Terutama hewan berbule seperti kucing dan juga anjing.

  1. Bersihkan Debu

Seperti halnya bulu, debu juga termasuk salah satu penyebab alergi. Agar tak menimbulkan alergi, maka jagalah kebersihan rumah dari debu. Untuk membersihkan debu, sebaiknya gunakan alat penyedot debu & lap basah secara rutin. Menggunakan sapu hanya akan membuat debu menyebar.

  1. Gunakan Pembersih Udara

Pembersih udara juga diperlukan agar debu, polen dan jamur bisa terbuang. Saat ini, banyak tersedia pembersih udara elektrik yang praktis di toko-toko. Untuk perawatan, cuci secara teratur dan anti filternya secara berkala.

  1. Tutup Perabotan

Perabotan berbahan kain bisa menyerap debu. Untuk itu, diperlukan penutup perabot yang bisa dicuci. Misalnya adalah penutup sofa berbahan plastic yang bisa dicuci. Hal ini sangat bermanfaat untuk mencegah rinitis.

  1. Jauhkan Benda yang Menyerap Debu

Boneka, bunga, atau benda lain yang bisa membuat debu terendap sebaiknya dihindari. Dengan menjauhkan benda-benda tersebut, maka alergi ini bisa dikurangi resikonya.

  1. Gunakan Sarung Tangan dan Masker

Jika harus melakukan kontak dengan allergen, sebaiknya gunakan sarung tangan. Begitu juga masker, sangat diperlukan untuk mencegah menghirup debu, udara kotor, dll.

  1. Hindari Rokok

Penderita alergi rhinitis sebaiknya menghindari asap rokok. Jika perokok, maka segeralah berhenti. Jika bukan perokok, sebaiknya jangan dekat-dekat orang yang merokok.

Perbedaan Rinitis dan Sinusitis

Rhinitis & sinusitis memang saling berhubungan namun keduanya berbeda. Banyak orang yang belum tahu tentang perbedaan keduanya. Rhinitis adalah radang mukosa hidung. Biasanya, orang umum menyebutnya pile kata flu. Di sisi lain, sinusitis merupakan radang pada 1 rongga atau lebih akibat lender / ingus. Perlu diketahui, rongga sinus ada di samping kiri & kanan hidung, belakang mata, belakang tulang pipi, dan juga belakang dahi.

Related posts

shares