KTA Tanpa Kartu KreditOthers 

Intip Cara Ajukan KTA Tanpa Kartu Kredit Agar Bisa Anda Terapkan

Meminjam dana dari bank terkadang membutuhkan waktu dan proses yang cukup lama. Padahal tak jarang alasan meminjam uang karena terdesak untuk memenuhi kebutuhan penting dalam waktu dekat ini. KTA atau Kredit Tanpa Agunan biasanya menjadi produk pinjaman yang banyak dipilih saat kondisi terdesak. Karena selain tidak memerlukan agunan atau jaminan, dari segi prosesnya cukup mudah dan cepat, terutama untuk syarat-syarat yang harus dipenuhi. Seorang pegawai dengan status karyawan tetap akan lebih mudah untuk disetujui. Selain itu memiliki kartu kredit juga menjadi salah satu ketentuan bank yang harus dipenuhi. Jika tidak memiliki, KTA tanpa kartu kredit pun saat ini juga sudah bisa dilakukan.

Persyaratan kepemilikan kartu kredit diperlukan oleh bank untuk melihat history nasabah di bank guna sebagai pertimbangan jumlah dana yang akan diberikan kepada nasabah. Dari data penggunaan kartu kredit, pihak bank memiliki referensi tentang catatan kredit nasabah. Catatan inilah yang berguna untuk mengetahui kebiasaan calon peminjam dalam menggunakan kartu kreditnya. Mulia dari berapa jumlah limit, kebiasaan membayar tepat waktu atau tidak, dll.

Karena adanya syarat kepemilikan kartu kredit ini karena berguna untuk kepentingan bank melihat data histori nasabah, beberapa orang yang tidak memiliki kartu kredit urung mengajukan KTA saat kondisi terdesak. Alasannya karena takut ditolak mengingat kurang dalam hal persyaratan. Padahal, ada beberapa bank yang memperbolehkan pengajuan KTA tanpa kartu kredit. Meskipun tanpa kartu kredit, dari tata cara pengajuan kurang lebih sama seperti umumnya. Mulai dari memenuhi syarat dokumen, seperti data identitas diri, slip gaji, dan bukti penghasilan bulanan. Hanya saja untuk kepemilikan kartu kredit tidak menjadi syarat yang harus dipenuhi.

Berikut ini syarat-syarat yang harus dipenuhi dalam pengajuannya:

  • Memiliki pendapatan bulanan yang sesuai dengan produk yang diajukan.

Sebagai ganti tidak adanya kartu kredit, penilaian bank terhadap kelayakan calon debitur dilihat dari pendapatan bulanannya. Dari situ bisa diketahui kemampuan calon debitur dalam membayar setiap jatuh tempo yang ditentukan.

  • Berusia di atas 21 tahun dan di bawah 55-60 tahun saat masa pelunasan.

Usia minimal 21 tahun dinilai sudah matang untuk memiliki penghasilan sendiri dan bertanggung jawab. Sedangkan usia 55-60 tahun dinilai sebagai usia batas seseorang produktif bekerja.

  • Menyiapkan dokumen yang menjadi persyaratan.

Adapun dokumen yang harus dipenuhi, antara lain fotokopi KTP, slip gaji, fotokopi NPWO, fotokopi rekening tabungan selama 3 bulan, fotokopi surat ijin profesi atau akat pendirian jika seorang wirausaha, dll. Persiapkan kesemua dokumen ini agar mudah disetujui saat pengajuan.

  • Memperhitungkan jumlah cicilan maksimal.

Dalam meminjam KTA, pastikan jumlah cicilan tiap bulannya tidak lebih dari 30 % dari pendapatan Anda per bulan. Hal ini bertujuan agar calon debitur tidak kesulitan dalam membayar cicilan kredit.

  • Pastikan email dan nomor telepon yang dimiliki valid dan aktif.

Saat mengajukan KTA tanpa kartu kredit, pastikan saat pengisian data diri untuk email dan nomor telepon yang dicantumkan aktif dan valid. Hal ini berguna jika sewaktu-waktu bank menghubungi calon debitur guna untuk konfirmasi pengajuan pinjaman.

Related posts

shares