Inilah Cara Mengusir Cicak Agar Tidak Kembali Lagi SelamanyaProperty 

Inilah Cara Mengusir Cicak Agar Tidak Kembali Lagi Selamanya

Cicak merupakan salah satu hewan yang sering kali kita jumpai di rumah. Kehadirannya kadang kala merepotkan terlebih jika mereka mendatangi makanan-makanan yang kita simpan dan mengotorinya. Tentu saja, makanan yang sudah disentuh oleh cicak tidak bisa kita makan.

Sebab, makanan tersebut telah mengandung bakteri dan kuman yang dibawa oleh tangan dan kaki cicak. Kotoran cicak pun sangat menjijikkan jika berserakan di kursi, sofa, karpet dan tempat tidur. Oleh sebab itu, berbagai cara mengusir cicak dilakukan namun mereka masih juga kembali lagi ke rumah.

Cara Ampuh Mengusir Cicak dari Bahan Alami

Cicak termasuk binatang yang cukup bandel. Sudah berulang kali diusir bahkan dibasmi, cicak-cicak ini terus kembali ke rumah dan mengganggu kenyamanan keluarga di rumah. Oleh sebab itu, Anda harus mencari cara mengusir cicak yang ampuh dan efektif supaya mereka tidak muncul lagi di hadapan Anda.

Berikut ini adalah bahan-bahan alami yang tidak disukai oleh binatang pembawa bakteri satu ini, Dengan menempatkannya di beberapa sudut ruangan, Anda bisa mengusir cicak secara halus dan mencegahnya datang kembali. Diantaranya adalah :

  1. Bawang Putih

Bawang putih memiliki aroma yang cukup menyengat. Aroma ini sangat tidak disukai oleh cicak. Anda bisa meletakkan beberapa siung bawang putih di sudut ruangan atau di area ventilasi seperti jendela, lubang angin-angin, dan lain sebagainya. Jika tidak ingin cicak kembali lagi, Anda bisa mengganti bawang putih ini selama berkala.

  1. Kapur Barus

Meskipun bagi indra penciuman manusia, kapur barus memiliki aroma yang wangi, namun tidak dengan hewan-hewan penggangu seperti cicak, kecoa ataupun tikus. Kapur barus dengan bau yang cukup menyengat, mampu mengusir dan menghilangkan keberadaan cicak.

Hal ini dikarenakan hewan-hewan ini akan merasa tidak nyaman dengan bau yang dikeluarkan oleh kapur barus. Letakkan kapur barus di tempat-tempat tertentu yang sering didatangi oleh cicak. Ganti kapur barus setiap beberapa waktu supaya cicak tidak kembali lagi.

  1. Bubuk Kopi

Bubuk kopi juga mengeluarkan aroma yang cukup kuat dan menyengat. Cicak dan hewan pengganggu lainnya sangat tidak menyukai bau-bauan yang terlalu menyengat. Anda bisa menempatkan beberapa bubuk kopi di beberapa sudut ruangan untuk mengusir cicak yang biasa bersemayam di tempat tersembunyi. Lama kelamaan, cicak akan merasa enggan untuk tinggal di tempat tersebut.

  1. Tembakau

Tembakau juga merupakan bahan alami yang mampu untuk mengeluarkan aroma. Aroma tembakau sebenarnya tidak terlalu kuat namun jika aroma ini dihirup oleh cicak, lama kelamaan akan menimbulkan rasa eneg dan membuat cicak tidak betah tinggal di sana. Anda bisa menggunakan cara menebar beberapa helai daun tembakau di tempat-tempat yang umumnya disinggahi oleh cicak.

  1. Cangkang Telur

Alternatif selanjutnya adalah dengan cara menebar serpihan cangkang telur. Cangkang telur menghasilkan aroma yang kuat dan sedikit amis. Pada awalnya, mungkin Anda juga akan sedikit terganggu dengan bau amisnya, namun cangkang telur adalah bahan yang cukup efektif untuk mengusir cicak seketika. Jadi, cara ini patut Anda coba.

Cara Mengusir Cicak Menggunakan Metode Tambahan Lain

Cara mengusir cicak di atas akan menjadi efektif dan ampuh jika Anda menerapkan beberapa langkah tambahan di bawah ini. Langkah atau cara ini bisa Anda lakukan karena tidak membutuhkan tindakan khusus atau bahkan hanya merupakan kegiatan sehari-hari. Diantaranya adalah :

  1. Memelihara Kucing

Kucing adalah musuh bebuyutan bagi seekor cicak. Dengan menghadirkan kucing di rumah, cicak-cicak akan merasa was-was karena rasa takut akan ditangkap oleh kucing. Seekor kucing yang gesit akan berburu dan menangkap cicak-cicak ini karena mereka merupakan mangsa yang cukup menggiurkan. Sedikit demi sedikit, jumlah cicak di rumah Anda akan berkurang hingga habis dan tidak kembali lagi.

  1. Membasmi Sarang Nyamuk

Nyamuk adalah makanan bagi cicak. Semakin banyak nyamuk yang berkembang biak di rumah Anda, semakin senang cicak tinggal di dalamnya. Anda harus sering-sering membersihkan tempat yang dijadikan sarang nyamuk. Lagi pula, nyamuk-nyamuk ini bisa berbahaya dan mendatangkan penyakit. Tidak ada salahnya bukan jika Anda membasmi sarang nyamuk karena sekaligus mengurangi populasi cicak.

  1. Membersihkan Serangga

Pastikan rumah Anda juga terbebas dari serangga seperti serangga kecil yang mengelilingi lampu atau cahaya terang atau agas. Jika cicak ini tidak menemukan nyamuk, mereka akan memangsa serangga kecil tersebut. Oleh sebab itu, jangan sampai apa yang ada di rumah Anda mengundang datangnya agas dan menyebabkan cicak-cicak berkeliaran memakan mereka.

Bersihkan semua hal yang memungkinkan datangnya agas atau serangga kecil lainnya. Usir serangga kecil yang datang. Dengan demikian, Anda juga akan mengusir cicak sekaligus.

  1. Menutup Makanan

Cicak suka sekali bereksplorasi ke seluruh ruangan. Tidak hanya di dinding atau plafon rumah, Anda bahkan akan menemui cicak-cicak berkeliaran di meja makan, atas lemari, kolong tempat tidur dan lain sebagainya. Kehadiran cicak sering kali mengganggu dan membuat tidak nyaman. Terlebih lagi jika hewan ini menginjak-injak makanan. Oleh sebab itu, jangan lupa untuk selalu menyimpan makanan dalam kondisi tertutup supaya tidak mengundang datangnya cicak dan hewan pengganggu lainnya.

Beberapa cara mengusir cicak di atas adalah cara-cara yang paling populer dan terbukti cukup ampuh. Pastikan Anda memilih cara usir cicak di rumah yang paling bisa Anda lakukan dengan rutin supaya tidak memberatkan atau merepotkan.

Jika Anda ingin tinggal di daerah yang bebas dari hewan pengganggu terutama cicak, temukan salah satunya di rumah.com. Di sini Anda akan mendapatkan berbagai macam pilihan rumah bersih, aman dari hewan pengganggu dan juga nyaman untuk ditinggali bersama keluarga.

Related posts

shares