Hal yang Menjadi Penyebab Sakit LututKesehatan 

Hal yang Menjadi Penyebab Sakit Lutut

Sakit lutut atau nyeri lutut menurut halodoc.com adalah kondisi yang bisa terjadi pada siapa saja. Rasa nyeri tidak tertahankan dan dapat sangat menganggu aktivitas sehari-hari. Apa saja penyebab sakit lutut ini? Dengan mengetahui penyebab sakit lutut, kamu akan dapat mencari pengobatan dengan tepat. Penyebab sakit lutut dapat berupa:

  1. Arthritis

Infeksi juga dapat menjadi penyebab munculnya rasa nyeri pada bagian lutut. Ada beberapa jenis arthritis yang bisa terjadi, mulai dari osteoarthritis yang terjadi karena pertambahan usia, rheumatoid arthritis yang terjadi ketika sistem kekebatan tubuh menyerang jaringannya sendiri hingga arthritis akibat infeksi. Rematik atau rheumatoid arthritis adalah penyakit yang mempengaruhi sendi dan jaringan lain di lutut, menyebabkan peradangan. Remakit adalah penyakit autoimun yang terjadi saat sistem kekebalan tubuh menyerang jaringan di dalam tubuh yang sebenarnya tidak berbahaya. Osteoarthritis adalah penyakit degeneratif yang paling umum terjadi pada sendi. Tulang rawan adalah jaringan yang terdiri dari kolagen. Letaknya di antara tulang lutut dan tulang rawan lama kelamaan dapat rusak dan tidak lagi meredam dengan baik. Hal ini menyebabkan tulang lutut bergesekan hingga timbul rasa sakit.

  1. Asam urat

Saat penyakit ini menyerang, gejala yang mungkin muncul pada lutut adalah rasa panas, nyeri tak tertahankan hingga lutut menjadi kemerahan. Saat lutut memproduksi asam urat secara berlebihan dan membentuk kristal di sendi, hingga lutut bisa meradang dan menyebabkan nyeri tak tertahankan. Asam urat ini dapat menyebabkan penderitanya mengalami kesulitan untuk berjalan normal, bahkan untuk beberapa kasus tidak dapat menggerakkan lutut.

  1. Cedera lutut

Ini adalah kondisi di mana terjadi gangguan yang mempengaruhi ligamen dan tendon di sekitar sendi lutut dan tulang. Ada beberapa jenis dari cedera lutut yang bisa terjadi seperti patah tulang, bursitis lutut, cedera tulang rawan dan anterior cruciate ligament (ACL). Menurut hellosehat.com cedera pada daerah lutut dapat berupa robekan di legamen dan tendon. Robekan ini dapat terjadi ketika bermain sepak bola atau tenis, di rumah atau tempat kerja. Ligamen menghubungkan tulang pada sendi, sedangkan tendon penghubungkan tulang pada otot. Jika robekan ligamen dan tendon terjadi di sisi atau pinggir lutut, rasa sakitnya akan terasa bahkan ketika kamu sedang tidak melakukan apa-apa. Rasa sakit akan semakin parah ketika kamu menambahkan beban. Jika tidak segera ditangani akan membengkak, menimbulkan rasa panas, memar dan merasa sulit untuk menstabilkan lutut.

  1. Pendarahan pada sendi

Pendarahan yang terjadi pada sendi dapat menjadi penyebab sakit lutut. Gejala dan penyebab yang terjadi berbeda-beda, oleh karena itu sangat penting untuk melakukan pemeriksaan lutut. Pendarahan dapat disebabkan oleh cedera yang merusak tulang dan sendi dalam lutut dan menyebabkan keretakan pada sendi.

Bagaimana dengan pengobatannya? Kamu dapat mengambil tindakan medis seperti fisioterapi untuk mengatasi sakit lutut. Pada kasus yang serius, dokter dapat melakukan operasi penggantian lutut dengan cara mengganti lutut yang rusak dengan bahan buatan. Selain itu, tindakan medis lainnya adalah dengan suntik sendi, yaitu dengan menyuntikkan cairan pada lutut yang dapat mengatasi rasa nyeri yang timbul. Pada gejala ringan, kamu dapat melakukan pengobatan dengan menggunakan salep atau dengan mengompres dengan air dingin dan hangat. Kamu juga dapat melakukan olahraga atau peregangan untuk mencegah penyakit ini timbul.

Itulah hal-hal yang dapat menjadi penyebab sakit lutut dan cara mengatasinya. Kamu dapat berkonsultasi dengan dokter terkait gejala yang kamu rasakan.

Related posts

shares