Cara Mendidik Anak Agar Mandiri dan BeraniParenting 

Cara Mendidik Anak Agar Mandiri dan Berani

Agar anak siap dalam menghadapi kehidupan luarnya tanpa didampingi orang tua, anak harus diajarkan untuk menjadi pribadi yang mandiri sejak kecil. Orang tua harus tahu cara mendidik anak agar mandiri sehingga ketika sudah saatnya, anak akan siap dengan dunia luar dan juga agar tidak berdampak pada kesehatan mentalnya.

Cara Mendidik Anak Agar Mandiri

Berikut beberapa cara yang bisa diterapkan dalam mengajarkan anak :

  1. Kenalkan anak dengan dunia luar

Banyak orang tua yang takut membiarkan anak bermain dan mengeksplorasi dunia luar dengan alasan kesehatan dan keamanannya. Wajar saja jika setiap orang tua merasakan hal tersebut. Namun jika dibiarkan terus, anak akan bergantung kepada orang tua dan menjadi tidak berani melakukan sesuatu tanpa orang tuanya.

Apabila anak merasa malu, takut, atau risih saat bertemu orang, tidak apa-apa untuk membawa anak untuk berbaur dengan orang lain agar dia terbiasa. Namun orang tua sebaiknya tetap menemaninya selama proses belajar agar anak nyaman. Lama kelamaan anak akan menjadi biasa dan siap menghadapi dunia luar dan juga tidak kaget saat bertemu dengan hal baru seperti saat sekolah, kuliah, masuk ke dunia kerja, dan lainnya.

  1. Biarkan anak menentukan pilihannya sendiri

Saat masih kecil, wajar jika orang tua membuat keputusan untuk anak karena anak masih belum paham cara membuat keputusan yang baik. Namun seiring berjalannya waktu, orang tua dapat mengambil keputusan sambil memberikan penjelasan mengapa keputusan tersebut diambil.

Hingga pada saatnya, cara mendidik anak agar mandir yaitu dengan membiarkan anak menentukan pilihannya sendiri tanpa bantuan orang tua. Jika keputusannya salah, misalnya seperti tidak ingin masuk sekolah, orang tua bisa memberikan nasehat secara lembut tanpa harus memarahinya.

  1. Lindungi anak

Beberapa anak bahkan bisa dibilang terlalu “mandiri” di mana mereka tidak takut dalam melakukan hal-hal baru bahkan yang terlalu ekstrim karena terlalu bersemangat. Hal ini memang bagus, namun apabila yang dilakukan anak dapat membahayakannya, tidak ada salahnya untuk melarangnya dan menjelaskan alasannya dengan jelas agar anak bisa mengerti tanpa mengurungkan niatnya dalam kembali mengeksplorasi dunia luar.

  1. Hargai usahanya

Setiap anak melakukan sesuatu, hargai setiap usahanya meskipun tidak sempurna. Hargai kemandirian dan juga keberaniannya karena sudah mau berusaha sendiri. Tidak peduli apakah usahanya membuahkan hasil maupun gagal, tetaplah beri pujian agar anak tetap mau berusaha. Jangan memarahinya saat gagal karena akan membuat anak takut untuk mencoba lagi.

Dalam cara mendidik anak agar mandiri, ibu juga harus memperhatikan asupan nutrisinya untuk membantu tumbuh kembangnya dan juga menjadi anak yang sehat dan kuat. Pilihlah susu dari Nutriclub dengan kandungan gizi seimbang yang juga dapat membantu perkembangan otak si kecil.

Deskripsi : cara mendidik anak agar mandiri dapat mengikuti beberapa hal yang ampuh agar anak juga lebih berani dan percaya diri.

Related posts

shares