Lifestyle 

Gaya Hidup Sehat Bagi Mahasiswa Perantauan

Menjadi mahasiswa perantauan bukanlah sesuatu yang mudah, harus berjuang ditanah tempat baru, meninggalakan keluarga dan fokus belajar dalam mencapai masa depan. Jauh dengan orangtua sering membuat para mahasiswa tidak bisa mengatur diri dengan baik dan benar, khususnya pola hidup. Yang biasanya makan selalu disiapkan, kini harus mencari sendiri. Belum lagi jika ingin memasak, harus beli bahan mentah sendiri. Semua serba sendiri jika menjadi mahasiswa perantauan. Orang yang dapat kita harapkan hanyalah teman, itupun tidak setiap waktu teman akan selalu menemani kita.

Sangat berbahaya apabila menjadi seorang mahasiswa yang tidak bisa menjaga pola hidup sehat. Ditambah lagi tumpukan tugas dan perkuliahan yang tidak boleh dilewatkan. Maka dari itu tidak heran apabila mahasiswa sering mengalami masalah kesehatan seperti magh, obesitas, hingga yang paling parah adalah kanker. Semua hal tersebut disebabkan oleh pola hidup yang tidak benar seperti makan tidak teratur, kurang tidur, asupan gizi yang tidak seimbang, kurang olahraga dan masih banyak lagi. Untuk itu kali ini kami akan membahas tentang tips gaya hidup yang sehat bagi mahasiswa perantauan.

  • Sarapan

Sarapan tidak seharusnya ditinggalkan apapun itu. Meskipun akan terasa malas, namun anda bisa mengakali sarapan anda dengan beberapa menu sehat. Seperti roti, buah, susu dan yogurt. Anda tidak perlu bingung untuk mendapatkan makanan tersebut. malam sebelumnya anda bisa membeli untuk stock pagi atau seperti yogurt bisa di stok seminggu sebelumnya. Meskipun tidak makan nasi setidaknya perut tidak kosong dan yang dikonsumsi tetap makanan sehat.

  • Tidak bergadang

Ini yang paling sering menjadi masalah mahasiswa. Sebenarnya dengan bergadang justru menimbulkan masalah baru bagi kehidupan anda. Beberapa efek negative dari bergadang adalah menjadi insomnia karena sudah terbiasa tidur larut, menyebabkan penyakit jantung, kerusakan organ bagian dalam karena terlalu dipaksa untuk bekerja, bahkan bisa menimbulkan penyakit kanker. Untuk menghindari agar tidak bergadang, hal pertama yang harus anda lakukan adalah ‘time management’ aturlah waktu sebaik mungkin, jangan buang waktu anda untuk hal yang tidak bermanfaat. Gunakanlah waktu anda se-efisien mungkin dengan mendahulukan hal hal yang lebih penting. Kedua jika memang ada deadline jangan kerjakan h-1 namun kerjakanlah ketika tugas tersebut baru dikasih.

  • Makanan instant

Batasi mengkonsumsi makanan instant seperti mie instan atau junk food. Dampak yang diberikan dari makanan tersebut tidak akan terlihat dalam waktu dekat tapi suatu saat pasti akan berdampak buruk bagi kesehatan tubuh maupun otak anda. Untuk itu sebaiknya hindari.

  • Olahraga

Jangan pernah katakan tidak ada waktu untuk olahraga. Karena sesungguhnya olahraga bisa dilakukan dimana saja. Dengan berolahraga tubuh anda akan menjadi lebih segar dan bugar juga otak anda akan berfungsi maksimal. Anda tidak perlu berolahraga jauh jauh, cukup dengan warm up setiap sore selama 30 menit sudah cukup atau jika anda merasa malas lakukanlah gerakan gerakan yoga didalam kamar anda.

Related posts

shares